Mendidik Anak Menjadi Sehat dan Tangguh

Menjadi orang tua merupakan anugerah membahagiakan, karena akan melihat pertumbuhan dan perkembangan mereka secara bertahap. Ada beberapa hal yang orang tua harus siapkan agar kelak anak dapat tumbuh sehat dan aktif, yaitu kesehatan dan kecerdasan anak. Dua hal itu bisa disiapkan dengan memberikan nutrisi yang baik, serta mengajarkan anak dengan tepat. 

Selain dua hal itu, memiliki mental yang tangguh merupakan bekal penting agar anak mampu mengatasi hambatan di kemudian hari. Oleh karena itu, dasar mental yang tangguh harus diajarkan sejak dini agar menjadi berani dan mandiri dengan cara:

1. Menentukan Pilihan
Jika ingin si kecil menjadi mandiri dan berani, orang tua harus membiarkan si Kecil menentukan pilihan. Si kecil belum bisa memilih, orang tua bisa memberikan pilihan menu makan apa yang diinginkan atau baju apa yang ingin dipakai.

2. Ajarkan Kemampuan Sosial
Alasan mengapa menjadi anak penakut adalah karena anak tidak mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain. Si anak membutuhkan waktu dan latihan untuk bisa berinteraksi dengan banyak orang. orang tua bisa mengajak belanja dan perintahkan anak membayar barang belanjaan. Selain itu, juga bisa mengajak anak bermain dengan anak teman yang memiliki usia yang imbang.

3. Memberikan Contoh Langsung
Anak belajar dengan efektif dengan cara meniru sikap dan perilaku orang tuanya. Oleh karena itu, orang tua bisa melatih anak dengan cara mencontohkan hal-hal sederhana. Sebagai contoh, jika anak takut berenang, orang tua bisa mulai menyelam di air untuk menunjukan bahwa tidak ada yang harus ditakuti saat berenang. 

4. Mengekspresikan Perasaan
Layaknya orang dewasa, anak juga merasakan berbagai macam emosi. Berikan kesempatan anak dapat mengungkapkan perasaannya dengan leluasa.

5. Memberikan Kepercayaan Diri
Orang tua bisa tanamkan mindset bahwa anak bisa melewati berbagai rintangan jika ia berani untuk mencoba. Sebaiknya, orang tua menghindari mengatakan kepada anak bahwa ia tidak biasa melakuklan beberapa hal karena akan menurunkan kepercayaan diri.








Comments