Permasalan Menghadapi Anak yang Malas Belajar.

Pengalaman penulis, dan secara umum permasalan yang sering dihadapi oleh orang tua jaman modern seperti sekarang ini adalah menghadapi anak yang malas belajar.


Berikut ini pengalaman penulis tentang cara mengatasi hal tersebut :
1. Memberikan waktu bagi anak untuk melekukan hobi atau hal yang disukainya sebatas itu hal yang positif. Dengan begitu anak tidak terlalu terbebani dan stress dengan kegiatan belajarnya. Jadi ada keseimbangan antara tangung jawab untuk belajar dan hal yang membuat mereka senang. Dan merikan anak waktu istirahat yang cukup, agar ketika waktunya untuk belajar anak tidak merasa lelah dan mengantuk.
2. Berilah dukungan pada anak, misalnya dengan membuatkan minuman saat belajar, menemani anak saat belajar.
3. Tentukan disiplin waktu saat belajar. Misalnya jam 18.oo sampai jam 20.00.
Maka anak akan terbiasa belajar pada jam itu, tanpa disuruhpun.
4. Jelaskan  pengertian tentang tujuan belajar, berikan contoh nyata akibat anak yang malas belajar atau tidak bersekolah.Sehingga anak sadar mengapa ia harus belajar.
5. Agar belajar lebih efektif maka ciptakan suasana yang mendukung anak untuk belajar. Suasana yang tenang, agar anak mudah untuk berkonsentrasi. Matikan TV dan jauhkan dari alat komunikasi lainnya.
6. Hargailah proses bukan nilai pada anak. Jangan memarahi anak ketika nilai mereka jelek. Tetapi berilah dukungan pada anak agar anak lebih giat lagi dalam belajar. Dan berilah apresiasai ketika anak sudah belajar lebih giat.misalnya dengan mengatakan “ kamu anak yang hebat, rajin belajar “.
7. Tunjukan kalau orang tua percaya akan kemampuan anak. Karena ketika anak merasa diremehkan saat itulah antusiasme anak untuk belajar menjadi berkurang.
8. Jangan lupa mendoakan anak agar menjadi anak yang rajin, baik, dan mandiri


Selamat mendidik anak....................
Mendidik anak adalah investasi paling berharga yang kita pertaruhkan.


Comments